Friday 11 March 2016

Gunung Bandahara





 


Indonesia sebuah surga kecil yang diletakan tuhan di bumi, mungkin kata-kata itu tidak berlebihan jika menyebut negeri kita tercinta ini, karena memang Indonesia dikarunia keindahan alam yang luar biasa yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha esa, Salah satu keindahan yang terpampang sampai dengan detik ini adalah banyaknya pegunungan yang tersebar dari Sabang sampai dengan Merauke di Indonesia. Banyak sekali gunung-gunung tinggi yang terdapat di Indonesia seperti Gunung rinjani, jayawijaya, mahameru, bromo dan lain sebagainya. Namun terdapat satu gunung yang tak kalah eksotis diantara gunung-gunung diatas. Gunung tersebut bernama gunung bandahara. gunung ini berada di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi NAD.
Jarak dari Kota Blang Kejeran Ibukota Kabupaten Gayo Lues sekitar 50 ke arah tenggara timur serta jarak dari kota Kutacane ibu kota Kabupaten Aceh Tenggara adalah sekitar 35 km arah utara – barat laut. Gunung Bandahara merupakan gunung yang tidak berapi, jadi gunung ini aman untuk didaki menurut mbah google sih gunung ini sangat mudah untuk di jangkau karena masih bisa di lalui untuk kendaraan umum terutama bus.
Keistimewaan gunung ini adalah karena Gunung Bandahara terdapat tanaman endemik Sumatra yang hanya ada di Gunung Bandahara yang bernama Nepenthes diatas (kantong semar) yang merupakan tanaman langkah yang dilindungi oleh Negara.
Nepenthaceae adalah salah satu tanaman yang hanya ada di Gunung Bandahara. Nepenthaceae merupakan suku kantung semar – kantung semaran atau Nepenthaceae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut Sistem klasifikasi APG II suku ini dimasukkan ke dalam bangsa Caryophyllales, klad dikotil inti (core eudicots) namun tidak termasuk ke dalam dua kelompok besar, rosids dan asterids. Suku ini hanya memiliki satu marga tunggal, yaitu Nepenthes.
Selain itu keindahan panorama gunung ini sangatlah indah. Hamparan hutan hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung terutama para pendaki. namun kekurangan dari gunung ini adalah karena belum banyaknya informasi mengenai gunung ini. jadi untuk menjangkau gunung ini sebaiknya langsung dateng aja ke gunungnya dari pada binggung.



1 comment:

  1. kak, ada yang mau saya tanyakan, mohon bantuannya
    ada id line kak? dari line aja kita ngomongnya

    ReplyDelete

Selamat Datang Di Website Kami Terima Kasih Anda Telah Mengunjungi Website Kami.
Di Mohon Untuk Tidak Berbicara Kasar Saat Mengomentari Postingan Kami