Friday 11 March 2016

Gunung Burni Telong




Gunung burni Telong sebuah gunung yang berada di kabupaten bener meriah, daerah dataran tinggi gayo aceh, nad dan telah menjadi ciri khas kabupaten ini. Gunung ini memilki ketinggian 2600 mdpl. Gunung yang berarti gunung terbakar ini memiliki keistimewaan di antara gunung yang lain keindahan panorama kebun kopi di lereng gunung inilah yang membuat gunung ini istimewa. Perkebunan kopi ini bernama dataran tinggi gayo yang merupakan produsen kopi Arabica dimana kopi ini merupakan kopi kelas wahit di dunia.
Gunung Burni Telong ini merupakan gunung berapa Aktif dan pernah meletus pada Tanggal 7 Desember 1924 menyebabkan kerusakan hebat lingkungan sekitarnya termasuk lahan pertanian dan perkampungan.
Adapun untuk mendaki gunung ini terdapat berbagai jalur yang bisa di lewati untuk mendakigunung ini. yakni rute Pante Raya dan Bandar Lampahan. Namun, sebagian besar pendaki memilih rute Bandar Lampahan karena lebih dekat dan lebih mudah. Namun melalui Pante Raya, selain rute lebih jauh juga pendaki harus benar-benar sudah terlatih. Rute Bandar Lampahan diawali dengan perjalanan dari Simpang Bandar Lampahan yang berdekatan dengan pemandian air panas, kemudian melewati Desa Rembune. Di Rembune ini sudah tersedia pos yang dikelola oleh pemuda kampung Rembune. Di pos ini setiap pendaki harus mengisi biodata dan membayar retribusi Rp 5.000,-/orang. Selain itu di posko ini disediakan guide untuk membantu pendaki pemula mencapai puncak Burni Telong.
Namun diantara jalur pendakian di atas jalur eidelweis merupakan jalur paling popular yang digunakan dalam mendaki gunung ini karena jika kita mendaki lewat jalur ini kita akan menemukan rerimbunan bunga eidelweis yang merupakan bunga langka yang paling di sukai para pendaki di seluruh dunia, Jalur ini diawali dengan jalan aspal mulai dari simpang jalan utama Takengon-Bireun sampai ke lereng Burni Telong tepatnya di desa Bandar Lampahan Kecamatan Timang Gajah yang berjarak 3 km. dimana bunga ini hanya bisa hidup diketinggian diatas 2000mdpl. Di dalam dunia percintaan bunga eidelweis merupakan symbol cinta kepada seseorang, jadi kalo kamu dikasih pacarmu bunga eidelweis berarti dia benar-benar cinta banget sama kamu, kan untuk dapetin ini bunga susah banget dan harus mendaki gunung dulu, hehehehe…
Bila mau melakukan Pendakian gunung ini sebaiknya berkonsultasi dulu dengan pemuda-pemuda setempat atau mengajak satu dua orang dari mereka turut serta, kecuali anda sudah mengenal betul medan dan jalur pendakian Gunung Burni Telong. Kondisi lapangan untuk mencapai ke ketinggian puncak memang agak terjal seperti gunung pada umumnya. Tapi, jalur dari Bandar Lampahan menuju lereng gunung merupakan pilihan favorit para pecinta alam atau pendaki gunung. Setelah melewati medan terjal, kita menemukan sebuah gua, yang sering digunakan pendaki sebagai tempat menginap bila ingin bermalam untuk beberapa hari. Di ketingian Burni Telong, hamparan pohon pinus memanjakan mata Anda Inilah satu-satunya gunung berapi aktif di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah dan Bener Meriah.




0 komentar:

Post a Comment

Selamat Datang Di Website Kami Terima Kasih Anda Telah Mengunjungi Website Kami.
Di Mohon Untuk Tidak Berbicara Kasar Saat Mengomentari Postingan Kami